Tuesday, February 5, 2019

Contoh Makanan Awetan dari Bahan Nabati dan Hewani


 Produk makanan berdasarkan bahan baku dasarnya dibagi dua, yaitu makanan awetan berbahan baku nabati dan makanan awetan berbahan baku hewani. Kali ini saya akan membahas mengenai makanan awetan berbahan dasar nabati dan hewani.

1. Asinan
  
Asinan merupakan sebuah makanan yang diawetkan dgn cara direndam ke dalam larutan garam yang pekat. Asinan dibuat dari bahan nabati dan isinya bisa berupa misalnya taoge, kubis, tahu, apel, mangga mentah, pala, pepaya dan nanas.

2. Acar


Acar merupakan sebuah makanan awetan dari bahan nabati yakni berupa sayuran dan buah yang kemudian direndam ke dalam asam cuka. Bahan acar bisa berupa seperti kubis, bawang merah, mentimun, wortel, kacang panjang dan cabai. Pemakaian cuka menciptakan cita rasa dari acar tersebut menjadi asam. Acar bisa dibuat menjadi pedas dgn tambahan cabe.


3. Coleslaw


Coleslaw merupakan salad yang terdiri atas kolak mentah yg diparut menjadi halus lalu diasinkan kemudian disajikan dgn saus salad. Coleslaw bisa tahan hingga kurang lebih 4 minggu kalau disimpan ke dalam wadah yang kedap udara. Ada banyak jenis resep coleslaw dgn bahan yang lain misalnya wortel, lada, nanas, bawang merah, atau apel yang dicampur dengan saus salad misalnya mayones atau krim.


4. Kimchi

Kimchi merupakan sebuah makanan olahan khas negara Korea yakni berupa lauk tradisional yg dibuat dari asinan dan sayuran yang sudah terfermentasi. Kimchi paling sering dibuat dari bahan kubis dan lobak Korea. Terdapat jutaan macam kimchi di Korea, variasi Kimchi ini ditentukan oleh bahan sayuran utama dan campuran - campuran bumbu yg dipakai untuk membumbui kimchi tersebut.

Sayuran kimchi biasanya menggunakan Kubis dan lobak, tetapi bisa pula memakai bahan misalnya ketumbar, seledri, terong, timun, jahe, bawang putih, sawi, peterseli, kentang, bawang merah, daun bawang, labu, dan tomat, serta kecambah.


5. Sauerkraut

Sauerkraut merupakan sebuat makanan olahan dari negara Jerman yang berupa kubis yang sudah dipotong halus lalu difermentasi oleh beragam bakteri yang menciptakan asam laktat. Sauerkraut mempunyai lama simpan yang cukup lama dan rasa asam yang sangat khas, dan keduanya diciptakan dari asam laktat yang terbuat ketika bakteri memfermentasi zat gula pada kubis.


6. Buah kaleng

Buah seperti mangga, leci, apel dan nanas dapat diawetkan dengan dikalengkan dalam wadah kedap udara. Dengan dimasukkan kedalam kaleng kedap udara kuman tidak bisa masuk. Cairan yang berisi gula dan cuka juga mencegah perkembangan bakteri dan aktifitas enzim di buah sehingga bisa tahan lama.

7. Ikan Asin

Ikan asin adalah sebuah produk makanan awetan hewani yang berbahan baku ikan, yang dimana pengolahannya mengkombinasikan dua metode pengawetan, yaitu penambahan garam dan pengeringan.
Peluang bisnisnya sangat terbuka besar karena ada banyak sekali orang yang menyukai ikan asin. Ikan asin yang dijual harus yang berkualitas, higienis, sehat dan juga garam yang diberi jangan terlalu banyak agar tidak terlalu asin, maka harus memberi garamnya yang sedang. Usahakan agar jangan berjualan di tempat yang lembab.


8.  Telur Asin

Telur asin sama seperti ikan asin, hanya saja berbahan baku telur, yang pengolahannya juga menggunakan metode penambahan garam.
Peluang bisnisnya agar berjalan lebih lancar harus menjual telur asin yang berkualitas, higienis, dan juga sehat. Lalu juga, telur yang diberi garam jangan terlalu asin, lebih baik memberi garam dengan kadar yang sedang.

9. Udang Ebi

Udang ebi adalah produk makanan awetan hewani yang berbahan baku udang, pengolahannya menggunakan metode pengeringan.
Peluang bisnisnya cukup menjanjikan karena masih banyak orang yang menyukai udang ebi, selain bergizi rasanya juga enak. Agar lebih tahan lama, udang ebi harus disimpan dengan benar pada pasca produksinya.

10. Daging Asap

Daging asap atau Ikan asap adalah produk makanan awetan hewani yang pengolahannya dengan cara menempatkan bahan makanan di wadah lalu diasapi. Dipadukan juga dengan pengasinan dan pengeringan agar bisa bertahan lama dan mendapatkan hasil yang maksimal.
Peluang bisnisnya sangat bagus untuk dilakukan karena sangat jarang sekali orang berjualan ini (mengurangi saingan) dan juga banyak sekali orang-orang yang menyukai produk ini, jadi peluang kemungkinannya terbuka luas.


11. Mentega

Mentega berasal dari susu yang difermentasi sehinnga menjadi krim, digunakan untuk pelengkap roti, pengganti minyak goreng dan bahan kue.

12. Keju

Keju berasal dari susu sapi atau kambing yang difermentasi oleh jamur seperti Penicillium camemberti dan Penicillium roqueforti.


13.  Sosis


Sosis adalah daging yang diawetkan dengan ditumbuk, dicampur bumbu dan dibungkus dalam usus.

14. Terasi

udang yang diawetkan dengan ditumbuk halus dan difermetasi hingga menjadi semacam adonan pasta kemerahan.


 Nah, itulah bebarapa contoh makanan awetan dari bahan nabati. Semoga info ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian :) 

No comments:

Post a Comment